Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD N 4 DAN SD N 6 BULUNGAN

NUR AFIFAH, 181330000267 (2022) PENGARUH MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD N 4 DAN SD N 6 BULUNGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000267_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000267_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000267_BAB I.pdf] Text
181330000267_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000267_BAB II.pdf] Text
181330000267_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000267_BAB III.pdf] Text
181330000267_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000267_BAB IV.pdf] Text
181330000267_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000267_BAB V.pdf] Text
181330000267_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[thumbnail of 181330000267_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000267_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000267_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000267_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model jigsaw dan model konvensional dalam pembelajaran materi bangun datar terhadap hasil belajar matematika di kelas 4 SD Negeri 4 dan SD N 6 Bulungan. (2) Mendeskripsikan pengaruh hasil belajar siswa setelah diterapkan model jigsaw pada pembelajaran materi bangun datar terhadap hasil belajar matematika di kelas 4 SD Negeri 4 dan SD N 6 Bulungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 4 Bulungan. Data uji ANOVA dengan F hitung 131,355 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel X dan Y pengaruh dengan perbantuan media papan putar dengan model pembelajaran jigsaw. Dari uji R Square ditemukan nilai R Square sebesar 85,1% menunjukkan bahwa variabel independen (profesionalisme guru) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (prestasi belajar) sebesar 85,1% sedangkan 14,9% dipengaruhi variabel lainnya. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung = 11,461 dengan tingkatan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 berarti terdapat pengaruh perbantuan model jigsaw dengan media papan putar. Dengan kata lain model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar dengan katerogi cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:28
Last Modified: 06 Jul 2023 04:28
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item
View Item