NANA LISTIANA, 181330000397 (2022) PENGARUH METODE KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA REALISTIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SATUAN BERAT KELAS III A DAN III B SDUT MASYITOH MUSLIMAT NU BANDUNGREJO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000397_COVER.pdf
Download (4MB) | Preview
181330000397_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000397_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
181330000397_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000397_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000397_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (913kB)
181330000397_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000397_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Guru dalam mengajar perlu menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif. Metode pembelajaran kontekstual berbantuan media realistis merupakan cara yang dipakai peneliti untuk menyelesaikan masalah yang ada di kelas lll A dan III B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata dan seberapa besar pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan metode kontekstual berbantuan media realistis terhadap hasil belajar matematika materi satuan berat siswa kelas lll A dan III B SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo.Penelitian ini dilakukan di SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitian quasi experimental bentuk equivalent control group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu, kelas lll A sebagai kelas eksperimen dan kelas lll B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menujukan rata-rata nilai pretest sebesar 49,2 dan nilai rata-rata posttest 77. Hasil uji paired sample t test yaitu nilai sig 0,001 berarti > 0,05, nilai t hitung 3,886 > dari nilai t tabel yaitu 2,093, hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil analisis regresi linear sederhana menujukan persamaan regresi yaitu Y= 88,267= 0,237X. Nilai signifikasi 0,000 yaitu adanya pengaruh hasil belajar. Tabel Sumary nilai R square 0,110, metode kontekstual berbantuan media realistis mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika materi satuan berat peserta didik kelas lll SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo sebesar 11%, sisanya 89% hasil belajar di pengaruhi variabel lain tidak diteliti dipenelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kontekstual, Media Realistis, Matematika, Satuan Berat. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:28 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 04:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5296 |