STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SDIT ALI BIN ABI THALIB SENDANG KALINYAMATAN JEPARA

LUTFIATUL CHASANAH, 171330000193 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SDIT ALI BIN ABI THALIB SENDANG KALINYAMATAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171330000193_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000193_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000193_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
171330000193_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171330000193_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
171330000193_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
171330000193_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000193_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam upaya menanamkan pendidikan karakter pada siswa di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya karakter anak (degradasi moral) seperti, siswa yang suka berkata kasar, tawuran antar siswa, perundungan, kekerasan seksual, saling ejek antar teman. Oleh karena itu guru harus mempunyai strategi dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa, karena guru merupakan ujung tombak di kelas, yang berhadapan langsung dengan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah wali kelas IV A dan B, guru PJOK, waka kurikulum dan kepala sekolah di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter yaitu melalui 1) keteladanan atau pemberian contoh, 2) kegiatan spontan, 3) teguran, 4) pengkondisian lingkungan dan, 5) kegiatan rutin. Untuk fakor pendukung yaitu keteladan, keluarga/orang tua dan kegiatan luar kelas. Sedang faktor penghambat yaitu datang dari orang tua/keluarga, handphone dan siswa. Solusi yang diberikan guna mengatasi hambatan-hambatan yang ada antara lain mengadakan kegiatan parenting school scara rutin, kerjasama orang tua, membangun kedekatan guru dan siswa, adanya buku penghubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, pendidikan karakter, sekolah dasar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:38
Last Modified: 12 Apr 2023 02:38
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item