PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 BULU JEPARA

LUH TITI SURI, 181330000352 (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 BULU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181330000352_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181330000352_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181330000352_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
181330000352_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181330000352_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181330000352_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
181330000352_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181330000352_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Bulu Jepara pada bulan November 2021 sampai bulan Juni 2022. Permasalahan tersebut merupakan faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Bulu Jepara. Rendahnya hasil belajar peserta didik membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai seperti yang diharapkan dan nilai yang diperoleh peserta didik kurang maksimal. Diperoleh keterangan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran sudah pernah dilaksanakan, namun tidak berjalan baik karena peserta didik cenderung pasif dan kurang aktif.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah alat analisis yang bersifat kuantitatif yaitu model statistik, hasil analisis nantinya akan disajikan dalam bentuk angka-angka yang kemudian nantinya disajikan dan diinterpretasikan dalam suatu uraian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan jenis desain tipe one group pretest-posttest design (tes awal-tes akhir) sebab dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh antar variabel.
Setelah dilakukan penelitian dan diperoleh hasil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bulu Jepara. Hal ini dapat dilihat dari sig (2-tailed) sebesar 0,00>0,05 dan nilai t-hitung 19,126>t-tabel 1,708. Adanya perbedaan yang signifikan terhadap perubahan hasil belajar, sebelum pelaksanaan terdapat nilai rata-rata pretest sebesar 66,15 dan setelah pelaksanaan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 76,62.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Kooperatif tipe Jigsaw, Bahasa Indonesia, Wawancara, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:37
Last Modified: 12 Apr 2023 02:37
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View Item View Item