PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PERMULAAN KELAS 2 DI SD NEGERI 3 PECANGAAN WETAN

LAILATUL BADRIYAH, 181330000259 (2022) PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PERMULAAN KELAS 2 DI SD NEGERI 3 PECANGAAN WETAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 181330000259_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 181330000259_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
3. 181330000259_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
4. 181330000259_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
5. 181330000259_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
6. 181330000259_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
7. 181330000259_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
8. 181330000259_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan kelas 2 di SD Negeri 3 Pecangaan Wetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes lisan yang sudah divaliskan sebanyak 13 soal yang diujikan kepada peserta didik saat Pretest dan posttest. Melalui hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 68,5 dengan ketuntasan 60%, sedangkan setelah diberikan tindakan dan diberikan posttest rata-rata hasil belajarnya menjadi 80,7 dengan ketuntasan sebesar 80%. Pada uji normalitas dengan n = 25 dengan taraf sig > 0,05, menunjukkan bahwa nilai sig sebesar 0,200 yang berarti lebih besar dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Uji homogenitas pada penelitian ini menunjukkan nilai sig yang lebih besar dari 0,05 yaitu 0,105 > 0,05 yang berarti bahwa variabel penelitian ini bersifat homogen. Serta pada uji linieritas data diperoleh nilai sig sebesar 0,798 maka dapat disimpulkan bahwa nilai sig lebih besar dari 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa data bersifat linier yang berarti bahwa adanya hubungan antara variabel x dengan variabel y. Sedangkan hasil analisis data penelitian menggunakan IBM SPSS versi 25 pengujian Paired Sample Test memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 11,639 dengan ttabel sebesar 2,069. Kriteria thitung > ttabel, maka didapati 11,639 > 2,069 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dibuktikan juga melalui pengujian regresi linier sederhana dengan diperoleh nilai R sebesar 0,927. Hal ini dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh antara variabel x dengan sebesar 0,927. Sedangkan R-Square memiliki nilai sebesar 0,859 atau 85,9% besar pengaruhnya. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan kelas 2 SD Negeri 3 Pecangaan Wetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana AsihWiranti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar Bahasa Indonesia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:40
Last Modified: 11 Apr 2023 04:40
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item