PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVE AND TAKE BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNGU

KHUSNUL FANDILAH, 171330000053 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVE AND TAKE BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNGU. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171330000053_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000053_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000053_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
171330000053_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171330000053_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000053_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
171330000053_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
171330000053_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran give and take berbantuan media kartu pintar terhadap pemahaman konsep matematika materi pengukuran siswa kelas V SDN 3 Bungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Tipe One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik analisis linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha.
Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini yang pertama menggunakan uji-t one Sample t Test menunjukkan bahwa nilai t tabel 3,898 dengan taraf signifikasi sebesar 0,002, artinya sig < 0,05. Dan uji hipotesis yang kedua menggunakan uji regresi sederhana dapat diketahui besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,876 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,767. Artinya pengaruh variabel bebas (model pembelajaran give and take berbantuan media kartu pintar) terhadap variabel terikat (pemahaman konsep matematika materi pengukuran) adalah sebesar 76,7%. Nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29% dengan nilai rata-rata pretest = 52,67 dan nilai rata-rata posttest = 82,33. Nilai tersebut membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran give and take berbantuan media kartu pintar terhadap pemahaman konsep matematika materi pengukuran siswa kelas V SDN 3 Bungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran give and take, media, kartu pintar, pemahaman konsep, siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:33
Last Modified: 10 Apr 2023 02:33
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item