Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IKHWAN AS-SHAFA (Studi Analsis Di Ma Matholil Huda Bugel Kedung Jepara)

NURUL ALFRIDA SETIYOWATI, 151310003318 (2022) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IKHWAN AS-SHAFA (Studi Analsis Di Ma Matholil Huda Bugel Kedung Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 151310003318_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003318_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151310003318_BAB I.pdf] Text
151310003318_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 151310003318_BAB II.pdf] Text
151310003318_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 151310003318_BAB III.pdf] Text
151310003318_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 151310003318_BAB IV.pdf] Text
151310003318_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 151310003318_BAB V.pdf] Text
151310003318_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 151310003318_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003318_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003318_LAMPIRAN.pdf] Text
151310003318_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menggambarkan implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara. 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Menggambarkan konsep pendidikan Islam menurut Ikhwan As-Shafa. (2) implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara mencakup empat aspek yaitu aspek tujuan pendidikan, cara mendapatkan ilmu, pendidik dan peserta didik, dan kurikulum. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: Faktor pendukungnya a) Lingkungan yang baik yang dikelilingi banyak pesantren, madin, dan masyarakat yang baik. b) Program dan kegiatan madrasah yang tetap mempertahankan nilai-nilai agama. c).Keseriusan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. d) Fasilitas penunjang pembelajaran yang dapat memaksimalkan dan memudahkan pembelajaran. Hambatan yang dialami dalam implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: a). Keterbatasan ruang kelas yang tidak dapat menampung banyaknya peserta didik baru. b). Perbedaan IQ peserta didik yang mempersulit peserta didik yuntuk menyerap ilmu. c) Materi muatan lokal yang sulit dimengerti peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi, konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Apr 2023 03:38
Last Modified: 09 Apr 2023 03:38
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item
View Item