KESIAPAN MADARSAH DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR (Studi kasus di MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara)

NOVIA NINGSIH, 171310003855 (2022) KESIAPAN MADARSAH DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR (Studi kasus di MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171310003855_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
171310003855_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
171310003855_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
171310003855_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171310003855_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171310003855_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
171310003855_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171310003855_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan:1. Untuk mendeskripsikan Kesiapan Madrasah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di MTs Maftahul Falah Sinanggul. 2. Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di MTs Maftahul Falah Sinanggul.

Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui kesiapan madarsah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar di MTs Maftahul Falah Sinanggul dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi merdeka belajar di MTs Maftahul Falah Sinanggul. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta menarik kesimpulan.

Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan madrasah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar di MTs Maftahul Falah Sinanggul yaitu: a). untuk kesiapan USBN yang dignti dengan ujian sekolah masing-masing guru masih menggunakan beragam bentuk asesmen. Yaitu focus pada nilai harian dan nilai harian. b).UN tidak bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa dan memberi bantuan yang sesuai dengan kebutuhan, jika dialikan kepada AKM dan literasi MTs Maftahul Falah Sinanggul tetap akan menganut kebijakan-kebijaka yang diterapkan; c) guru dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Yang berupa 1 lembar ketas. d) MTs Maftahul Falah tidak menggunakan jalur zonasi.2) Faktor pendukung dan penghambat dibagi menjadi dua, yaitu faktor pendukung internal: kesiapan dan kemauan guru, fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung. Eksternal: Support orang tua, adapun faktor pengahambat disebabkan karena kurangnya perhatian siswa terhadap guru, kurangnya penguasaan teknologi guru, siswa menyalahgunakan kuota belajar dari madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Madrasah, Implemetasi Kebijakan Merdeka Belajar.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:27
Last Modified: 06 Apr 2023 06:27
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item