PENGARUH PENDEKATAN SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, MASYARAKAT (SALINGTEMAS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI DAN PEMANFAATANNYA (Penelitian Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 1 Bawu Jepara)

IMA NOR HANIFAH, 181330000226 (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, MASYARAKAT (SALINGTEMAS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI DAN PEMANFAATANNYA (Penelitian Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 1 Bawu Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181330000226_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181330000226_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181330000226_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
181330000226_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181330000226_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181330000226_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
Text
181330000226_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
181330000226_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masig di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu ≥ 70. Hal ini dikarenakan guru masih menerapkan metode konvensional selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan pendekatan salingtemas. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui pengaruh pendekatan sains, lingkungan, teknologi, masyarakat (salingtemas) terhadap hasil belajar IPA pada materi perubahan energi dan pemanfaatannya di kelas IV SD Negeri 1 Bawu Jepara pada tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode eksperimen, desain penelitian ini yaitu pre experimental designs dengan jenis one group pretest and posttest disign. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Bawu Jepara dengan subjek/sampel berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pendekatan salingtemas, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPA peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes yang berupa pretes dan posttest. Teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statisttics versi 26 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada saat pretest (sebelum perlakuan) menunjukkan nilai rerata sebesar 63,33, sedangkan pada saat posttest (setelah menggunakan pendekatan salingtemas) hasil nilai rerata peserta didik yaitu 73,83. Sehingga mengalami peningkatan hasil pretest dengan posttest sebesar 10,5. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesis yaitu uji-t dan uji-f, pada uji-t yang diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dan uji-f nilai signitifikasi sebesar 0,000 dan nilai a sebesar 0,05, yang artinya nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-f. Maka diperoleh kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat (Salingtemas) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA pada materi perubahan energi dan pemanfaatannya di kelas IV SD Negeri 1 Bawu Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: IPA, hasil belajar peserta didik, pendekatan salingtemas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:20
Last Modified: 06 Apr 2023 04:20
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5218

Actions (login required)

View Item View Item