PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 1 BATEALIT JEPARA

IFFA ANINDYAWATI, 171330000192 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 1 BATEALIT JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171330000192_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000192_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000192_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
171330000192_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000192_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
171330000192_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img]
Preview
Text
171330000192_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
171330000192_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar siswa kelas IV SD N 1 Batealit (2) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Batealit (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Batealit. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri 1 Batealit Jepara. Pada desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan metode Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini terdiri atas 2 Sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data angket menunjukkan kelas eksperimen yang sangat berminat menghasilkan presentase 6% menjadi 36%, Sedangkan kelas kontrol hanya didominasi oleh siswa yang cukup berminat menghasilkan presentase yang semula 37% menjadi 51%, Diperoleh data hitung R Square yaitu sebesar 0,475 atau 47,5%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam kategori tinggi meningkat, Hal ini ditunjukan pada analisis hasil belajar siswa kelas kontrol yang semula 62% menjadi 75% sedangkan kelas eksperimen 47% meningkat menjadi 88%, Diperoleh data hitung R Square yaitu sebesar 0,620 atau 62%. Analisis minat dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa dalam kategori baik dan meningkat. Hal ini ditunjukkan dari nilai angket dan nilai soal tes, Diperoleh dari perhitungan statistik uji regresi linier berganda yaitu data hitung R Square yaitu sebesar 0,711 atau 71,1%. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil signifikasi antara pengaruh minat dan hasil belajar siswa, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Model pembelajaran Contextual teaching and learning berpengaruh untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Batealit Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual teaching and learning, Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:18
Last Modified: 06 Apr 2023 04:18
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item