Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA MATERI WAWANCARA DI SD NEGERI 2 SINANGGUL

FITRI NOVITA SARI, 181330000268 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA MATERI WAWANCARA DI SD NEGERI 2 SINANGGUL. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000268_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000268_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000268_BAB I.pdf] Text
181330000268_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000268_BAB II.pdf] Text
181330000268_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181330000268_BAB III.pdf] Text
181330000268_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181330000268_BAB IV.pdf] Text
181330000268_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000268_BAB V.pdf] Text
181330000268_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[thumbnail of 181330000268_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000268_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000268_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000268_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keterampilan berbicara materi wawancara peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Sinanggul yang masih rendah, dikarenakan kurangnya terampil sebagai akibat dari kurangnya latihan berbicara dan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional yaitu masih bersifat ceramah dengan cara menerangkan dan tanya jawab.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada materi wawancara di SD Negeri 2 Sinanggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Desaign. Keterampilan berbicara berupa observasi dan tes pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 59,09 dan pada saat Posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 82,95 dengan kenaikan sebesar 23,86.
Hasil uji-t menggunakan Paired Samples Test adalah signifikan sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada materi wawancara di SD Negeri 2 Sinanggul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Jigsaw, Keterampilan Berbicara.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:38
Last Modified: 05 Apr 2023 03:38
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item
View Item