PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 02 TENGGULI BANGSRI JEPARA

FIKA ERLINA NOFITASARI, 171330000188 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 02 TENGGULI BANGSRI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171330000188_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000188_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000188_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
171330000188_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000188_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000188_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
171330000188_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000188_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu > 75. Hal ini dikarenakan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di kelas, pembelajaran masih berpusat pada guru. Interaksi aktif antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa jarang terjadi, siswa kurang terampil menjawab pertanyaan atau bertanya tentang konsep atau materi yang diajarkan. Penggunaan media pembelajaran juga kurang diterapkan, ketidaklancaran komunikasi juga akan membawa akibat terhadap pesan yang diberikan oleh guru. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 02 Tengguli Bangsri Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan tipe pre-eksperimental design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 02 Tengguli Bangsri Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel independennya adalah model pembelajaran inkuiri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat, uji hipotesis dan uji regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 64, sedangkan saat posttest (menggunakan model pembelajaran inkuiri) hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 82. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sebesar 18. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Inkuiri, IPA, hasil belajar siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:31
Last Modified: 05 Apr 2023 03:31
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item View Item