PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD N 2 BULU JEPARA TP 2021/2022

FARIKHA ULVIYANI, 171330000207 (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD N 2 BULU JEPARA TP 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 171330000207_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
2. 171330000207_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
3. 171330000207_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. 171330000207_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
5. 171330000207_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
6. 171330000207_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
7. 171330000207_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
8. 171330000207_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang pentingnya gaya belajar siswa dan hasil belajar matematika kelas V di SDN 2 Bulu masih ada yang di bawah KKM, 20% dari 23 siswa mendapat nilai ≤ 62. Hal tersebut bisa dikarenakan kurang pemahaman mengenai gaya belajar yang ada pada siswa. Fokus penelitian ini yaitu pada hasil belajar matematika pada materi bangun ruang pada ranah kognitif saja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V di SDN 2 Bulu tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Bulu dengan subjek/populasi penelitian sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen dan dependen. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu gaya belajar siswa, sedangkan variabel dependennya adalah hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22.0 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil angket gaya belajar siswa mendapat nilai denga rata 82,8, hasil belajar matematika mendapat nilai dengan rata-rata 76,95. Hal tersebut diperkuat dengan uji-f diperoleh nilai signifikan) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 dan perolehan nilai R square 0,898 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebanyak 89,9% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar siswa, hasil belajar, matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:12
Last Modified: 05 Apr 2023 03:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item