DINDA UZLIFATIN NI’MAH, 171330000029 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PAPAN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN WAKTU PADA SISWA KELAS III SDN 1 SUKOSONO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171330000029_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000029_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000029_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 171330000029_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000029_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 171330000029_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000029_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 171330000029_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000029_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 171330000029_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000029_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (581kB)
171330000029_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000029_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000029_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi pengukuran waktu yang masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Hal tersebut dikarenakan guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang monoton, seperti ceramah dan diskusi serta tidak adanya media pendukung dalam pemahaman siswa. Sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta siswa sulit memahami penjelasan guru mengenai materi pengukuran waktu. Penelitian ini fokus pada hasil belajar kognitif siswa dengan model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Papan Waktu Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas III SDN 1 Sukosono.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe pre-experimental. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 1 Sukosono Kedung Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 7 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel independennya yaitu model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Media Papan Waktu. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik berupa soal pilihan ganda. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 51,57 sedangkan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 78,73. Hal ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media papan waktu efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Sukosono.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla C.A., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model STAD, Matematika, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 06:33 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 06:33 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5176 |