PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI SARIPAN JEPARA

DINDA ARYANI KUSUMANINGRUM, 181330000325 (2022) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI SARIPAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181330000325_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181330000325_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181330000325_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
181330000325_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181330000325_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
181330000325_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
181330000325_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181330000325_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Selain itu, sikap ilmiah pada peserta didik masih kurang. Hal ini dikarenakan guru hanya menjelaskan materi menggunakan metode ceramah dan sesekali menggunakan media sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah peserta didik dengan bantuan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah materi sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri Saripan Jepara tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Saripan Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Pada penelitian ini variabel dependen yaitu hasil belajar IPA dan sikap ilmiah dan variabel independen yaitu pendekatan keterampilan proses. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda dan angket. Instrumen penelitian ini yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir dan angket berjumlah 20 butir. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar peserta didik pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 46,6 sedangkan saat posttest (menggunakan pendekatan keterampilan proses) memperoleh nilai rerata sebesar 70,1. Kenaikan hasil belajar pretest dan posttest sebesar 23,5. Dapat dilihat juga pada rerata nilai pretest sikap ilmiah sebesar 56,7 sedangkan rerata nilai posttest sikap ilmiah sebesar 71,4. Kenaikan nilai rerata pretest dan posttest sebesar 14,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah materi sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri Saripan jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan keterampilan proses, hasil belajar, sikap ilmiah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:32
Last Modified: 04 Apr 2023 06:32
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item