KONSEP ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT IMAM AL-MAWARDI DI DALAM KITAB “ADAB AD-DUNYA WA AD-DIN”

LUTFIATIN NIKMAH, 181310003932 (2022) KONSEP ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT IMAM AL-MAWARDI DI DALAM KITAB “ADAB AD-DUNYA WA AD-DIN”. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181310003932_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181310003932_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181310003932_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
181310003932_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181310003932_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
181310003932_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
181310003932_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
181310003932_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui bagaimana konsep etika pendidik dan peserta didik menurut Imam Al-Mawardi didalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-din. 2. Untuk memaparkan Relevansi pemikiran Imam Al-Mawardi Di Dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din Tentang Etika Pendidik dan Peserta Didik di Lingkungan Sekolah. Peneitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dilihat dari cara dan taraf pembahasannya penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan mencari infomasi dari buku maupun jurnal-jurnal terkait dengan konsep etika pendidik dan peserta didik. kemudian data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan content analysis atau disini dinamakan kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai konsep etika pendidik dan peserta didik menurut Imam Al-Mawardi di dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din yaitu, tawadlu’ (rendah hati), mengamalkan ilmunya, dermawan atas ilmunya, membimbing peserta didiknya, membersihkan diri dari pekerjaan yang syubhat, bertujuan mengharap ridlo Allah, memberi nasihat dan lemah lembut terhadap peserta didiknya, dan menghargai peserta didiknya. Dan diantara etika peserta didik yaitu,tamalluq kepada pendidiknya, tadzallul kepada pendidiknya, mengetahui keutamaan ilmunya pendidik, mengagungkan pendidik,bersyukur (berterima kasih) kepada pendidiknya, meneladani akhlak pendidik, selalu merasa butuh terhadap pendidik, jika ilmu bisa didapatkan dari tempat yang dekat maka janganlah mencarinya di tempat yang jauh, dan pandai memilih. Relevansi pemikiran Imam Al-Mawardi di dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din tentang etika pendidik dan peserta didik di lingkungan sekolah diantaranya yaitu, pendidik memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta didiknya, peserta didik memiliki sikap menghormati kepada pendidiknya, pendidik memiliki sikap lemah lembut terhadap peserta didiknya, Pendidik maupun peserta didik memiliki sikap saling menghargai, dan mengamalkan ilmu yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ana Rahmawati, Lc., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Konsep etika pendidik dan peserta didik, Imam Al-Mawardi, Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:10
Last Modified: 04 Apr 2023 04:10
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item View Item