PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEPARA MATERI AKHLAK TERPUJI DI MTS MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA

LIZA DWI AMALIA, 161310003667 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEPARA MATERI AKHLAK TERPUJI DI MTS MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
161310003667_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
161310003667_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
161310003667_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
161310003667_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
161310003667_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
161310003667_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img]
Preview
Text
161310003667_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
161310003667_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan soal HOTS berbasis kearifan lokal Jepara pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji di MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara. (2) Menghasilkan soal HOTS berbasis kearifan lokal Jepara yang berkualitas setelah dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji. Soal ini berbentuk essay sebanyak 20. Soal ini mencakup taraf menganalisis, menilai dan menciptakan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu analyze (analisa), design (desain/perancangan), development (Pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B di MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kualitatif yang mencakup analisis kevalidan soal dari pakar ahli dan analisis kuantitatif yang mencakup uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda pada setiap tahapnya.
Berdasarkan hasil analisis kualitatif menunjukkan hasil bahwa soal yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid baik dari konten, konstruk maupun bahasa. Sedangkan hasil analisis kuantitatif menunjukkan hasil bahwa setelah di analisis melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, maka terbagi ke dalam beberapa kategori yaitu ada 10 soal dalam kategori baik (50%), 2 soal dalam kategori cukup baik (10%), dan 8 soal dalam kategori jelek (40%). Pengembangan ini sangat perlu untuk dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas peserta didik agar dapat berpikir secara kritis, kreatif dan memecahkan masalah yang dihadapi melalui penyelesaian soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Instrumen Tes, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Kearifan Lokal Jepara, Akidah Akhlak, Akhlak Terpuji.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:47
Last Modified: 04 Apr 2023 03:47
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item