LAILATUL FAJRIYAH, 151310003380 (2022) KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAM SARIPAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003380_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 151310003380_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151310003380_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 151310003380_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151310003380_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 151310003380_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151310003380_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 151310003380_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151310003380_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 151310003380_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151310003380_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (649kB)
151310003380_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (897kB) | Preview
![[thumbnail of 151310003380_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151310003380_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menilai kemampuan membaca Siswa Kelas VIII Mts Al-Islam Saripan Jepara dalam membaca Al-Qur’an, (2) Mengukur prestasi siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Mts Al-Islam Saripan Jepara, (3) Mengkorelasikan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII Mts Al-Islam Saripan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Korelasi merupakan penelitian yang berupa angka-angka statistika yang digunakan untuk menguji hubungan antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 variabel yakni kemampuan membaca al-Qur’an sebagai variabel bebas (variabel X) dan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai variabel terikat (variabel Y). Teknik pegambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus dengan menggunakansemua populasi sebagai sampel penelitian. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data-data yang telah terkupul kemudian dianalisis dan diuji hipotesisnya menggunakan rumus product moment. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) kemampuan membaca al-Qur’an yang dimiliki siswa kelas VIII MTs Al Islan rata-rata nilainya 74 dan tergolong dalam kategori “baik”, (2) Prestasi belajar mata pelajaran siswa kelas VIII MTs Al Islam dalam kategori “cukup baik” dibuktikan dengan nilai rata-rata seluurh siswa sebesar 74. (3) terdapat hubungan antara kemampuan membaca al-Qur’an siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs Al Islam yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan hasil rxy ≥ rtabel yaitu 0,953 ≥ 0,244 pada taraf signifikansi 5% dan 0,953 ≥ 0,317 pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian maka Ha yang diajukan dapat diterima dengan pernyataan bahwa ada hubungan antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs Al Islam Saripan Jepara tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca al-Qur’an, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis, Korelasi |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:30 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:30 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5153 |