PENERAPAN METODE EJA PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 1 KELING JEPARA

ANNISATUL MUFIDAH, 181330000341 (2022) PENERAPAN METODE EJA PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 1 KELING JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181330000341_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181330000341_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181330000341_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181330000341_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181330000341_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
181330000341_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img]
Preview
Text
181330000341_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181330000341_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode eja di kelas II SDN 1 Keling dan (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat metode eja pada kemampuan membaca permulaan di kelas II didik SDN 1 Keling.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dengan beberapa teknik pengumpulan data. Rancangan penelitian dengan cara melakukan observasi penerapan metode eja kelas di kelas II SD Negeri 1 Keling dan wawancara pada peserta didik di kelas II SD Negeri 1 Keling dan untuk mendukung keaslian data diperkuat dengan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 17 dan guru kelas II.
Hasil penelitian ini menunjukan, setelah dilakukan penelitian dan memperoleh hasil bahwa adanya peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SD Negeri 1 Keling Jepara. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik selama pembelajaran membaca berlangsung dengan menggunakan metode eja tersebut, dari sebelum diterapkannya metode eja dan sesuah diterapkannya metode eja. Maka dapat disimpulkan bahwa dari penerpan metode eja pada pembelajaran membaca peserta didik kelas II SD Negeri 1 Keling mengalami peningkatan. Terdapat 2 faktor dalam penerapan metode eja yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat dari faktor pendukung antara lain: Perencanaan, Persiapan dan sumber belajar yang relevan. Dan faktor penghambat penerapan metode eja diantaranya: waktu belajar yang terbatas, dan kurangnya dukungan orang tua. Harapannya semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang dalam memberikan perbaikan khususnya dalam kemampuan membaca di kelas II SD Negeri 1 Keling Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Eja, Kemampuan Membaca.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:53
Last Modified: 03 Apr 2023 03:53
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item