PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL ALFABET TERHADAP PERKEMBANGAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA INSAN MADANI NGROTO

SUTI’ATUN, 181340000103 (2022) PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL ALFABET TERHADAP PERKEMBANGAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA INSAN MADANI NGROTO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181340000103_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181340000103_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181340000103_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
181340000103_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181340000103_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
181340000103_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
181340000103_DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
181340000103_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi dan sumber pembelajaran pembelajaran keaksaraan awal penting bagi anak usia dini karena berhubungan dengan kemampuan anak dalam mengenal hurup untuk kesiapan anak dalam kemampuan membaca dan menulis kedepannya. Penyebab belum maksimalnya capaian keaksaraan awal salah satunya dilihat dari media yang di gunakan guru dalam belajar keaksaran masih monoton dan kurang menarik. Seperti pembelajaran keaksaraan awal masih menggunakan, papan tulis untuk menulis , lembar keja, (LK) mewarnai dan menebali, media pembelajaran disekolah terbatas serta kurangnya subsidi dari sekolah. Oleh karena itu,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tutup botol alphabet terhadap perkembangan keaksaraan awal pada anak usia dini.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitaf dengan jenis PreExperimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B1. Sampel penelitian ini adalah Anak kelas B1 RA Insan Madani berjumlah 18 anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada anak dalam mengenal keaksaraan awal. Dilihat dari hasil nilai mean pretest-posttest yang semula 61,1111 menjadi 87,61111. Hasil uji independent sample t test menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan keaksaraan awal antara sebelum dan sesudah anak menggunakan media tutup botol alfabet. Simpulan yang dapat diambil adalah media tutup botol alfabet dalam penilitian ini berpegaruh sebagai media
pembelajaran keaksaraan awal sehingga dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran keaksaraan awal .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media, Tutup Botol Alfabet, Keaksaraan Awal.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:12
Last Modified: 03 Apr 2023 03:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item