NUR FALIHATUS SAKINAH, 171340000058 (2022) PENGARUH MEDIA BILINGUAL BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB ATAKAL BAYAN PURWOGONDO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 171340000058_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 2. 171340000058_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 171340000058_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (188kB)
![[thumbnail of 3. 171340000058_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 171340000058_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
![[thumbnail of 4. 171340000058_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 171340000058_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
![[thumbnail of 5. 171340000058_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 171340000058_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (693kB)
![[thumbnail of 6. 171340000058_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 171340000058_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (42kB)
7. 171340000058_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (9kB) | Preview
![[thumbnail of 8. 171340000058_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 171340000058_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (473kB)
Abstract
Penguasaan bahasa Inggris adalah hal yang sangat penting di era global. Penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui dalam lingkup pendidikan, pekerjaan, hiburan dan komunikasi (elektronik), sehingga menjadikan bahsa Inggris sangat penting untuk dikuasai. Dengan membekali bahasa Inggris sejak dini, sama halnya dengan membekali generasi penerus bangsa untuk mengarungi ilmu pendidikan dan teknologi di era global. Dengan adanya pengenalan bahasa Inggris sejak dini, diharapkan mampu membantu perkembangan bahasa anak agar lebih familiar dengan bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan memiliki tujuan agar peserta didik mampu untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara lisan maupun dengan tulisan secara lancar dan sesuai dengan konteks sosialnya (Depdiknas, 2003).
Berdasarkan hasil observasi awal di KB Atakal Bayan Purwogondo, ditemukan bahwa anak-anak masih terbatas dalam mengungkapkan atau berbicara dengan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan sebagai bentuk solusi dari permasalahan yang di hadapi oleh anak-anak KB Atakal Bayan Purwogondo dalam penguasaan dan menambah kosa kata bahasa Inggris anak usia dini. Kosakata merupakan usur penting dalam berbahasa, apabila penguasaan kosakata yang dimiliki oleh anak sedikit maka ia akan mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Sehingga, kemampuan kosa kata anak perlu di pelajari dan uji agar anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Penelitian bertujuan untuk mengetaui penggaruh penggunaan media billingual book terhadap perkembangan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di KB Atakal Bayan Purwogondo.
Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif atau pendekatan yang dilakukan dengan pengolahan data statistik dan percobaan yang terstruktur. Sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian true eksperiment design dengan bentuk eksperimen post test control group design. Pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih dengan tenik simple random sampling. Tenik yang digunakan dalam pengumpula data adalah dengan melakukan test dan dokumentasi selama penelitian berlangsung.
Sebelum dilakukannya penelitian, terlebih dahulu instrument tes di juji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Semuan pengolahan data menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS versi 26 for windows. Selanjutnya untuk memenuhi persyaratan uji hipotesis dilakukan penghitungan normalitas dengan uji Shapiro Wilks dan uji homogenitas menggunakan Uji One Way Anova pada kedua kelompok penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan Uji Independent Sample t-Test dengan nilai signifikasi
< 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat perkembangan kosakata bahasa Inggris anak usia dini yang diberikan perlakuan denagn media menunjukkan hasil signifikansi yang LEBIH TINGGI dibandingkan dengan kelompok anak yang tidak diberi perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest dengan penghitungan analisis statistik dengan Microsoft Excel pada nilai minimum dan maksimum dari kedua kelompok yang perbedaannya dalam kategori “CUKUP SIGNIFIKAN”.
. Berdasarkan penghitungan analisis deskriptif baik melalui pengolahan SPSS verse 26 for windows menunjukkan hasil Uji Independent Sample t-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) dengan nilai 0,013. Karena dasar pengambilan keputusan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 menujukkan bahwa Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa dari hasil Uji Independent Sample t-Test menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media bilingual book terhadap perkembangan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di KB Atakal Bayan Purwogondo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bilingual, pretest dan posttest, treatment, Pendidikan Anak Usia Dini. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:04 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5117 |