HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KB BUAH HATI NGABUL TAHUNAN JEPARA TAHUN AJARAN 2021/2022

HIDAYATUN NASHIHAH, 161340000011 (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KB BUAH HATI NGABUL TAHUNAN JEPARA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 161340000011_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 161340000011_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
3. 161340000011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
4. 161340000011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
5. 161340000011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
6. 161340000011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
7. 161340000011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
8. 161340000011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Profesionalisme guru merupakan bagian penting dalam kesuksesan proses pendidikan dan pembelajaran. profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan masyarakat, termasuk kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk mampu bersaing baik dalam forum regional, nasional maupun internasional. Dengan pengalaman mengajar serta berbagai pelatihan yang telah dilakukan untuk menjadi guru yang profesional, pengembangan metode dalam mengajar yang sesuai dengan kemampuan anak didik dan perkembangan zaman adalah suatu keharusan..
Salah satu kemampuan pada anak usia dini yang berkembang dengan cepat adalah kemampuan fisik dan motoriknya. Perkembangan motorik anak akan dapat terlihat secara jelas melalui berbagai gerakan dan permainan yang dapat dilakukan anak. Secara simultan dan berkesinambungan, aktivitas anak akan dikontrol oleh otak. Otak terus mengolah informasi yang diterima. Bersamaan dengan itu, otak bersama jaringan syaraf akan membentuk sistem syaraf pusat yang mencakup lima pusat kontrol, akan mendiktekan setiap gerak anak.
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah (1) Untuk menganalisis kompetensi profesional guru kelompok B di KB Buah Hati Ngabul Tahunan Jepara tahun ajaran 2020/2021. (2) Untuk menganalisis kemampuan motorik halus anak kelompok B di KB Buah Hati Ngabul Tahunan Jepara tahun ajaran 2020/2021. (3) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kemampuan motorik halus di KB Buah Hati Ngabul Tahunan Jepara tahun ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian hubungan (korelasi) yaitu penelitian yang melibatkan hubungan satu atau lebih variable dengan satu atau lebih variabel lain. Bentuk hubungan dalam penelitian ini adalah Bivaret, yaitu hubungan yang melibatkan satu variabel bebas dengan satu variabel terikat. Dengan metode pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian (1) guru-guru di KB Buah Hati dapat mencapai delapan indikator kompetensi professional guru sehingga tingkat kompetensi keprofesionalan guru di KB Buah Hati tergolong dalam tingkatan yang sangat baik, (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan di pertemuan kedua pada kegiatan kegiatan mewarnai dan membuat pola lingkaran pada gambar dan kegiatan melempar dan menangkap bola secara terarah. Adapaun peningkatan pada kegiatan kegiatan mewarnai dan membuat pola lingkaran pada gambar sebesar 18,8 dimana pertemuan pertama mendapatkan hasil belajar sebesar 40,6 dan pertemuan kedua sebesar 59,4. Sedangkan pada kegiatan melempar dan menangkap bola secara terarah, mendapatkan rata-rata hasil belajar pada pertemuan ke-1 sebesar 40,6 dan pertemuan ke-2 sebesar 62. Adapaun peningkatan yang terbentuk sebesar 19,4, (3) uji korelasi menggunakan SPSS, didapatkan nilai rxy adalah sebesar 0,774 Setelah itu, dikonfirmasikan pada tabel pedoman untuk memberikan interpretasi koefisisen korelasi maka nilai 0,774 berada pada interval 0,40 – 0,599. Berdasarkan uji korelasi tersebut menunjukkan kuatnya korelasi antara kompetensi profesional guru dengan kemampuan motorik halus anak karena nilai diatas 0,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Khalimatus Sa’diyah, M. Pd. I. Pembimbing II : Naili Rohmah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Motorik Halus, Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:12
Last Modified: 28 Mar 2023 03:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item