IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL ANALISIS GAMBAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS I WUSTHO DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUS SHIBYAN DI DESA KALIPUCANG WETAN KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

INDRA SUCIANA, 171310003812 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL ANALISIS GAMBAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS I WUSTHO DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUS SHIBYAN DI DESA KALIPUCANG WETAN KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 171310003812_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 171310003812_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
3. 171310003812_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
4. 171310003812_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
5. 171310003812_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
6. 171310003812_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
7. 171310003812_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
8. 171310003812_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di laksanakan untuk mendapatkan data penelitian dari rumusan masalah yakni: (1) Bagaimana proses implementasi pembelajaran model analisis gambar mata pelajaran fiqih kelas I Wustho di Madrasah Diniyah Miftahus Shibyan Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara?. (2) Efektifkah pembelajaran dengan menggunakan implementasi pembelajaran model analisis gambar mata pelajaran fiqih kelas I Wustho di Madrasah Diniyah Miftahus Shibyan Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara?
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Wustho Miftahus ShibyanTahun Pelajaran 1442/1443 H - 2021/2022 M dengan subyek penelitian yaitu peserta didik kelas I Wustho. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai prosedur penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif.
Dari analisis yang peneliti lakukan, disimpulkan hasil penelitian implementasi pembelajaran model analisis gambar mata pelajaran fiqih kelas I Wustho di Madrasah Diniyah Miftahus Shibyan Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 1442/1443 H – 2021/2022 M meliputi merangkai RPP, memilih media gambar yang sesuai, menggunakan observasi partisipatif dengan ikut terjun langsung dalam proses penelitian. Pelaksanaan pembelajaran di laksanakan dengan tatap muka. Evaluasi setelah pembelajaran, ujian semester tiap 6 bulan sekali. Kendala-kendala pelaksanaan dari implementasi pembelajaran model analisis gambar mata pelajaran fiqih kelas I Wustho di Madrasah Diniyah Miftahus Shibyan desa Kalipucang Wetan kecamatan Welahan Kabupaten Jepara: waktu pembelajaran yang hanya 1 jam, waktu pembelajaran di siang hari yang membuat peserta didik mudah mengantuk, pendidik yang sudah terbiasa menggunakan metode maknani saja. Solusinya yaitu menambahkan sedikit ice break supaya peserta didik tidak mengantuk di saat pembelajaran, menggunakan media gambar yang bisa langsung memfokuskan ke inti pembelajaran supaya menghemat waktu, menunjukkan cara-cara melaksanakan pembelajaran di depan pendidik secara langsung, supaya bisa menerapkan dengan baik ke depannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran, analisis gambar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:54
Last Modified: 28 Mar 2023 02:54
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item