MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN (KAJIAN TEMATIK AYAT-AYAT AL QUR’AN TENTANG MODERASI)

FAUZAN HASYIM, 161310003717 (2022) MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN (KAJIAN TEMATIK AYAT-AYAT AL QUR’AN TENTANG MODERASI). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
161310003717_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
161310003717_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
161310003717_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
161310003717_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
161310003717_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
161310003717_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img]
Preview
Text
161310003717_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kelompok keagamaan yang sangat ekstrim, baik ekstrim kanan maupun ekstrim kiri. Hal semacam ini bila dibiarkan begitu saja dapat berdampak pada pemikiran yang radikal di satu sisi dan liberal di sisi lain. Munculnya kecenderungan-kecenderungan ekstrem dalam beragama ini, bukan saja telah merugikan Islam dan umat Islam, tetapi juga bertentangan dengan karakteristik umat Islam yang oleh al-Qur’an disebut sebagai ummatan wasathan. Mengedepankan sikap moderat memang sangat bersesuaian anjuran ayat pada Q.S al-baqarah ayat 143, Q.S al qashash ayat 77, Q.S al mai’idah ayat 8, tetapi harus disadari sejak dini bahwa penerapannya bukanlah perkara gampang. Untuk itu perlu upaya-upaya rintisan agar moderasi atau wasathiyah menjadi acuan berfikir, bersikap, dan bertindak umat Islam. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep moderasi beragama perspektif ? (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif al qur’an dalam pendidikan? Permasalahan dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), metode pengumpulan datanya yakni dengan teknik dokumentasi. Data diperoleh dari kitab tafsir al-Qur’an, kitab-kitab yang relevan. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep moderasi beragama dalam al-Qur’an disebut dengan al-wasathiyah. Kata tersebut terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti: “tengah-tengah diantara dua batas, atau dengan keadilan, yang tengah-tengah atau yang standar atau yang biasa-biasa saja”. Moderasi tidak dapat tergambar wujudnya kecuali setelah terhimpun dalam satu kesatuan 4 unsur pokok, yaitu sikap tengah-tengah, keseimbangan, jujur dan adil. (2) implementasi nilai-nilai moderasi beragam perspektif al-Qur’an dalam pendidikan tugas seorang guru . untuk mampu bersikap jujur dan adil,terbuka dan memberikan kasih sayang dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, dalam tujuan pendidikan agama Islam termanifestasi dalam penerapan prinsip keterbukaan, dalam metode pendidikan agama Islam terletak pada penerapan prinsip kasih sayang dalam proses pembelajaran yang termanifestasi dalam perilaku santun dan keterbukaan peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengembangan khazanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara, dan juga diharapkan akan menjadi bahan materi bagi pendidik/orang tua dalam masalah moderasi terhadap peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Azzah Noor Laila, S.Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama Perspektif Al Qur’an, Moderasi dalam Pendidikan
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:46
Last Modified: 27 Mar 2023 03:46
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5087

Actions (login required)

View Item View Item