PERBANDINGAN ANTARA SISWA BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA NON BOARDING SCHOOL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MAN 1 JEPARA

NINA KHOIRIL MAIA, 181310003969 (2022) PERBANDINGAN ANTARA SISWA BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA NON BOARDING SCHOOL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MAN 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 181310003969_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 181310003969BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
3. 181310003969_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
4. 181310003969_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
5. 181310003969_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
6. 181310003969_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
7. 181310003969_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
8. 181310003969_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menelaah kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara. (2) Untuk menelaah kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara. (3) Untuk membandingkan kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam antara siswa boarding school dengan siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara.

Penelitian ini merupakan penelitian survei (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jepara dengan sampel 120 siswa kelas XI yang terdiri dari 60 siswa boarding school dan 60 siswa non boarding school. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang kecerdasan emosional siswa boarding school dan siswa non boarding school digunakan kuesioner (angket) yang disebarkan secara offline. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji independent sample t test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara tahun pelajaran 2022/2023 termasuk pada kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 56 dengan kategori sangat tinggi karena berada pada rentang skor 48-59. (2) Kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara tahun pelajaran 2022/2023 termasuk pada kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 54 dengan kategori sangat tinggi karena berada pada rentang skor 48-59. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam antara siswa boarding school dengan siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lingkungan siswa yang berbeda, pengalaman sosial siswa, serta pelatihan dan pembiasaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Siswa, Kecerdasan Emosional.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:40
Last Modified: 20 Mar 2023 03:40
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item