STUDI ANALISIS HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 5 SDN 02 BANJARAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA

HENDY ERAWANTO, 20131004584 (2022) STUDI ANALISIS HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 5 SDN 02 BANJARAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
201310004584_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
201310004584_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
201310004584_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
201310004584_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
201310004584_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
201310004584_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
201310004584_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
201310004584_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 02 Banjaran Bangsri Jepara. 2) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 02 Banjaran Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan pendekatan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 02 Banjaran Bangsri Jepara dapat dikatakan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai antara 80 - 100 ada 25 siswa atau 75,7%, dan yang mendapat nilai antara 71 - 79 ada 8 siswa atau 24,3%. 2) Faktor pendukung dan penghambat hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 02 Banjaran Bangsri Jepara meliputi: pertama adalah faktor yang mendukung terdiri dari kemampuan atau kompetensi guru, motivasi mengajar, pengalaman mengajar, kreativitas dalam mengajar. Siswa yang terdiri dari intelegensi, minat, motivasi, perhatian, konsentrasi, kreativitas siswa yang baik dalam belajar, keluarga yang harmonis, metode pembelajaran yang efektif, media pembelajaran, sarana prasarana yang memadai. Kedua adalah faktor yang menghambat terdiri dari kecerdasan, kreativitas, minat dan motivasi yang lemah. Guru yang terdiri dari lemahnya motivasi, minat, kreativitas mengajar, keluarga yang kurang harmonis, sarana prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Akhirin Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI).
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:38
Last Modified: 20 Mar 2023 03:38
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5056

Actions (login required)

View Item View Item