ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 (Studi Kasus Jl. Jepara – Mlonggo, KM 3+000 s/d KM 5+000)

MAHARANI NILAMSARI, 161230000176 (2020) ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 (Studi Kasus Jl. Jepara – Mlonggo, KM 3+000 s/d KM 5+000). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161230000176_COVER.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_BAB 1.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_BAB 2.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_BAB 3.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_BAB 4.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_BAB 5.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161230000176_LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview

Abstract

Pada ruas jalan Jepara-Mlonggo dikategorikan jalan kolektor yang ramai lalu lintasnya, dimana jalan ini sering dilewati oleh beberapa kendaraan besar seperti kontainer, truk angkutan metrial, truk amgkutan batu kali, truk semen, dan lain-lainnya sehingga mengakibatkan penurunan kualitas pada jalan. Dengan adanya permasalahan diatas maka diperlukan adanya sebuah analisis kondisi kerusakan jalan untuk memonitoring seberapa besar tingkat kerusakaan jalan yang terjadi pada ruas jalan Jepara-Mlonggo KM 3+000 sampai KM 5+000. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menentukan atau mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga 1990, 2. Mengetahui nilai presentase pada tiap jenis kerusakan jalan, 3. Mengetahui nilai urutan prioritas jalan sebagai acuan penanganan yang sesuai dengan metode Bina Marga, 4. Mengetahui penyebab kerusakan jalan secara umum. Populasi penelitian pada jalan Jepara-Mlonggo adalah berjarak 2 km dengan jumlah 20 segmen dengan jarak antar segmen 100 m. Pengumpulan data dengan menggunakan survei secara visual dan survei LHR. Hasil penelitian yaitu jenis kerusakan yang terdapat pada jalan Jepara-Mlonggo adalah Nilai Presentase tiap jenis kerusakan ruas jalan Jepara-Mlonggo adalah retak memanjang (9,52%), sungkur (4,95%), tambalan (0,09%), retak kulit buaya (4,56%), lubang (2,77%), amblas (3,03%), retak pinggir (0,95%), kegemukan (0,18%), retak blok (0,00%), mengembang (0,14%). Pada saat penelitian kondisi jalan pada ruas jalan Jepara-Mlonggo KM 3+000 sampai KM 5+000 memiliki nilai kondisi sebesar 7,75. Kemudian Volume lalu lintas harian rata-rata pada jalan Jepara-Mlonggo sebesar 10.917 kend/jam dengan nilai SMP sebesar 5.878,6 SMP/jam. Hasil perhitungan urutan prioritas mendapatkan nilai sebesar 3,25, maka sesuai dengan nilai prioritas pada metode Bina Marga 1990 ruas jalan tersebut dimasukkan dalam program peningkatan jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ariyanto, S.T., M.T. Pembimbing II : Decky Rochmanto, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Bina Marga 1990. SMP (Satuan Mobil Penumpang), Peningkatan Jalan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 624 Teknik Sipil > 625.7 Teknik Jalan Raya
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Sipil
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:17
Last Modified: 19 Nov 2021 03:17
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item