EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI TIKTOK EDUCATION TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU MASALIKIL HUDA TAHUNAN

AULIA PUTRI SALSABILLAH, 181340000074 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI TIKTOK EDUCATION TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU MASALIKIL HUDA TAHUNAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181340000074_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
181340000074_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181340000074_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181340000074_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181340000074_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181340000074_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
181340000074_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
181340000074_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan fisik motorik merupakan gerakan-gerakan dasar yang perlu dikenalkan dan dilatih kepada anak sesuai dengan tahapan perkembangan usianya. Pembelajaran motorik dapat menarik perhatian peserta didik dengan berbagai cara salah satunya dengan memberikan contoh paling sederhana. Selain itu hadirnya media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, media yang dapat menarik perhatian peserta didik salah satunya media aplikasi Tiktok Education. Media ini dapat dilakukan bersama anak dengan senang tanpa paksaan, titik konsentrasi dalam penelitian ini adalah proses kegiatan belajar mengajar menggunakan media aplikasi Tiktok Education. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh media Aplikasi Tiktok Education terhadap perkembangan motorik kasar pada peserta didik usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Masalikil Huda Tahunan.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam peneliti adalah sampel jenuh. Hasil kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima maka Ho. Perhitungan uji-t Independent sample antara pretsest dan posttest kelompok eksperimen yaitu thitung = 3.099 dengan nilai sig (2-tailed) < 0.05.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan perkembangan motorik kasar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dilihat dari gambar 4.1 hasil perkembangan motorik kasar peserta didik kelompok ekperimen atau kelas B1 sebesar 83.73 dan rata-rata hasil perkembangan motorik kasar peserta didik di kelas kontrol atau B2 sebesar 73.05. Simpulan yang dapat diambil adalah media aplikasi Tiktok Education dalam penelitian ini efektif dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian terdahulu sebelum penelitian ini yaitu dari jurnal Aji, W. N. (2018) menggunakan media aplikasi Tiktok, namun pada penelitian tersebut lebih menekankan pada perkembangan bahasa siswa SMP sedangkan untuk penelitian ini lebih menekankan pada perkembangan motorik kasar anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Nofan Zulfahmi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Tiktok Education, Perkembangan, Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:42
Last Modified: 14 Mar 2023 07:42
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item