METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM 2013

ALI MANSYUR, 161310003726 (2022) METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img] Text
161310003726_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
161310003726_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
161310003726_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
161310003726_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
161310003726_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
161310003726_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
161310003726_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Menganalisis Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. (2) Untuk Menganalisis Metode Relevansi Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali Relevansinya dengan Kurikulum 2013.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis dokumen terkait dengan metode pendidikan islam perspektif al-Ghazali relevansinya dengan kurikulum 2013. Data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primernya adalah kitab Ayyuha al-Walad, Ihya’ Ulumuddin, Minhajul Abidin, dan Peraturan perundangan yang terkait dengan standar yang ditetapkan pemerintah, terutama yang berlaku untuk kurikulum 2013
Hasil penelitian a) Tujuan pendidikan menurut Al Ghazali dibagi menjadi 2, yaitu tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Adapun metode-metode pendidikan islam menurtu Al-Ghazali adalah 1) Metode keteladanan; 2) Metode Pembiasaan; 3) Metode Pergaulan Yang Baik; 4) Metode Koreksi Diri; 4) Metode Cerita Atau Kisah; 6) Metode hafalan; 7) Metode pemahaman; 8) Metode keyakinan; dan 9) Metode pembenaran. b). Pembelajaran sebagai suatu proses kegiatan, dari berbagai sumber secara umum dapat dikatakan terdiri atas tiga fase atau tahapan, yaitu : Perencanaan pembelajaran, perencanaan merupakan proses penyusunan sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Begitu pula dengan perencanaan pendidikan islam, yang direncanakan harus sesuai dengan target pendidikan dalam membuat perencanaan pendidikan Islam harus dapat menyusun berbagai program pengajaran sesuai pendekatan dan metode dan teori yang akan digunakan. Pelaksanaan dalam pembelajaran, Penerapan kurikulum 2013 merupakan penerapan metode belajar siswa yang lebih aktif, kreaktif, dan inovatif, serta pada kurikulum ini peserta didik harus disiplin. Tahap evaluasi dalam pembelajaran, dalam pelaksanaan evaluasi penilaian berdasarkan kurikulum 2013 perlu memperhatikan konsep dasar dari penilaian tersebut, yaitu tentang mengenai prinsip, pendekatan, dan karakteristik. Dalam proses evaluasi penilaian dirasa masih terlalu sulit karena dalam kurikulum 2013 terdapat banyak penilaian, tidak hanya kognitif saja yang menjadi tolak ukur kesuksesan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fathur Rohman, S.Pd.I., M.Pd..I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Al-Ghazali, Kurikulum 2013.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:17
Last Modified: 14 Mar 2023 07:17
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item