PENGARUH TEKNIK PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NURUL MUSLIM MINDAHAN JEPARA

AHMAD TURAIKHAN, 151310003476 (2022) PENGARUH TEKNIK PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NURUL MUSLIM MINDAHAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
151310003476_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
151310003476_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
151310003476_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
151310003476_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
151310003476_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
151310003476_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
151310003476_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
151310003476_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pogil process oriented guided inquiry learning terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Muslim Mindahan Jepara.
Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah teknik pogil (process oriented guided inquiry learning) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Nurul Muslim Mindahan yakni pada ruang lingkup kelas VIII.
Berdasarkan statistik Uji t dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (2,821>1,673), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan Uji F dapat diketahui bahwa F hitung > F tabel 7,960 > 4,016 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara Teknik pogil (Proses Oriented guided Inquiry Learning) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Muslim Mindahan. Sedangkan nilai koefisien korelasi (rxy ) sebesar 0,356 terletak pada interval 0,21-0,40 termasuk kategori “rendah”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang “rendah” antara Teknik pogil (Proses Oriented guided Inquiry Learning) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Muslim Mindahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukarman, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Teknik pogil (process – oriented guided – inquiry learning) dan kemandirian belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:02
Last Modified: 14 Mar 2023 07:02
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item