PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS III DI SDN 3 MENGANTI JEPARA

SITI HAIDAR IHSANA, 181330000299 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS III DI SDN 3 MENGANTI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181330000299_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181330000299_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181330000299_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
181330000299_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
181330000299_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181330000299_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
181330000299_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181330000299_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Menganti Jepara. Peneitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan berpikir kritis karena pembelajaran bersifat Teacher centered serta guru lebih menekankan pada aspek kognitif peserta didik berdasarkan satu sumber belajar saja yaitu buku siswa tematik kelas III. Hal tersebut membuat peserta didik sulit mengembangkan pengetahuan mereka berdasarkan pengalaman atau lingkungan yang mereka tempati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri, serta pengaruh penerapan model inkuiri dalam proses belajar mengajar di kelas III SDN 3 Menganti Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperiment dengan one-group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan jenis penelitian ini dikarenakan kelas III SDN 3 Menganti hanya memiliki 1 rombongan belajar saja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan uji T atau t-test dan uji regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini pada observasi pretest menunjukkan skor tertinggi 36 dan skor terendah 22 sedangkan skor rata-rata sebesar 30,3. Hasil saat posttest skor tertinggi 48 dan skor terendah 36 sedangkan skor rata-rata 42. Terdapat kenaikan rata-rata skor pada pretest dan posttest. Hasil penelitian diperkuat lagi dengan uji hipotesis yaitu Uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0.000 < 0,005 sehingga diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan Ha diterima.Sedangkan uji hipotesis kedua menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,001 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian, maka diketahui bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Kemudian berdasarkan nilai R Square ditentukan bahwa pengaruh variabel x terhadap variabel y sebesar 45,8%. Sehingga berdasarkan Uji-t dan uji regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritispeserta didik kelas III pada muatan PPKn di SDN 3 Menganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, SDN 3 Menganti.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:13
Last Modified: 13 Mar 2023 04:13
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4987

Actions (login required)

View Item View Item