IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KALIMAT TAYYIBAH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI RA AL-HIKMAH SUKODONO TAHUNAN JEPARA

HAR HANDAYANI, 161340000001 (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KALIMAT TAYYIBAH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI RA AL-HIKMAH SUKODONO TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
161340000001_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
161340000001_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
161340000001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
161340000001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
161340000001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
161340000001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img]
Preview
Text
161340000001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
161340000001_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah dalam pembentukan perilaku prososial peserta didik di RA Al-Hikmah Sukodono Tahunan Jepara. (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah dalam pembentukan perilaku prososial peserta didik di RA Al-Hikmah Sukodono Tahunan Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah dalam pembentukan perilaku prososial anak di RA Al-Hikmah Sukodono Tahunan Jepara dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH).
Implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah dalam pembentukan perilaku prososial anak di RA Al-Hikmah Sukodono Tahunan Jepara dengan cara mengintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan, adapun metode yang digunakan oleh pendidik dalam membentuk sikap prossosial tersebut adalah metode reward, pembiasaan, pengulangan/drill, keteladanan, metode hukuman.
Implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah sebagai upaya pengembangan perilaku prososial anak di RA Al-Hikmah Sukodono Tahunan Jepara ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan faktor yang menjadi penghambat. Faktor Pendukung implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah dalam pembentukan perilaku prososial anak di RA Al-Hikmah adalah lingkungan keluarga yang kondusif, aturan yang mengikat, adanya nasihat guru dan orang tua.
Faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai kalimat tayyibah sebagai upaya untuk mengembangkan sikap prososial anak di Kelas B-1 RA Al-Hikmah Sukodono Tahunan Jepara adalah sifat egosentris peserta didik, lingkungan sosial Masyarakat yang buruk, perhatian orang tua yang tidak harmonis, media sosial yang bebas/tidak selektif, pergaulan bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Khalimatus Sa’diyah, M. Pd. I. Pembimbing II : Naili Rohmah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai kalimat tayyibah, perilaku prososial.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:04
Last Modified: 13 Mar 2023 04:04
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4981

Actions (login required)

View Item View Item