THE EFFECTIVENESS OF PODCAST-BASED LISTENING LEARNING MEDIA FOR 9TH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR

ANDRA ANDRIAWAN, 181320000374 (2022) THE EFFECTIVENESS OF PODCAST-BASED LISTENING LEARNING MEDIA FOR 9TH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181320000374_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
181320000374_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
181320000374_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
181320000374_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
181320000374_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181320000374_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
181320000374_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181320000374_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah keterampilan menyimak. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan karena kekurangan kosa kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penggunaan podcast terhadap keterampilan menyimak siswa kelas 9 SMP N 5 Jepara tahun ajaran 2022/2023.

Peneliti menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan 30 siswa 9H sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa 9G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes menyimak yang terdiri dari pre-test dan post-test. Kemudian, teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Selanjutnya analisis data menggunakan perhitungan statistik SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (86,9 > 78,9). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil post test. Kemudian, hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel yaitu (4,176 > 2,000). Selain itu, 2 tailed sig lebih rendah dari alpha (0,00 <0,05). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan podcast terhadap keterampilan menyimak siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aliva Rosdiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Podcast, Media Pembelajaran, Keterampilan Menyimak, Eksperimen Semu.
Subjects: 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris > 424 Listening
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:57
Last Modified: 13 Mar 2023 03:57
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976

Actions (login required)

View Item View Item