ABDULLAH ROIS, 151310003353 (2022) PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM NUSANTARA TENGGULI BANGSRI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
![]() |
Text
151310003353_COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
151310003353_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
151310003353_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
151310003353_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
151310003353_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
151310003353_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
![]() |
Text
151310003353_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
151310003353_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII SMA Islam Nusantara Tengguli Bangsri Jepara. (2) Untuk mengetahui bagaimana problematika pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII SMA Islam Nusantara Tengguli Bangsri Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Islam Nusantara Tengguli Bangsri Jepara meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Problematika pembelajaran daring yang terjadi di SMA Islam Nusantara meliputi penguasaan teknologi atau media, perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, dan keterbatasan jaringan internet juga masih menjadi kendala bagi beberapa siswa; (3) Solusi mengatasi problematika pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp karena siswa sudah terbiasa menggunakannya. Kemudian untuk mengatasi perbedaan tingkat pemahaman peserta didik guru menggiring siswa untuk berpikir kritis dalam diskusi di grup WhatsApp. Solusi untuk keterbatasan jaringan internet bagi siswa yang rumahnya dekat sekolah diizinkan ke sekolah menggunakan wifi sekolah, maupun kelonggaran waktu untuk mengerjakan tugas dari guru bagi peserta didik yang daerahnya susah untuk mengakses internet.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fathur Rohman, M. Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk Orang Dewasa > 374.4 Pendidikan Jarak Jauh |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:56 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:56 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |