IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MATHOLI’UL HUDA DESA KELING KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA

CHISBULLAH MAULANA AKSAN, 201310004579 (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MATHOLI’UL HUDA DESA KELING KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 201310004579 - HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 201310004579 - BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
3. 201310004579 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. 201310004579 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
5. 201310004579 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
6. 201310004579 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
7. 201310004579 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
8. 201310004579 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Implementasi nilai-nilai ASWAJA dalam pembelajaran agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Desa Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Untuk menganalisis apa saja Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Nilai-nilai ASWAJA dalam pembelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Desa Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara.
Implementasi Nilai Tasamuh, Tawazun, Tasamuh, I’tidal, Amar Ma’ruf Nahi Mungkar menggunakan 3 metode yaitu: pembelajaran di kelas, Metode pembiasaan, Setelah terjadi proses pemahaman didapatkan oleh siswa, disini guru akan menggunakan pembiasaan-pembiasaan yang akan dilakukan oleh siswa agar proses implementasi nilai-nilai aswaja bisa dijalankan dengan baik, Metode keteladanan digunakan dalam Implementasi nilai aswaja di MI Matholi’ul Huda Keling, bentuk dari keteladanan ini adalah guru sebagai model atau panutan siswa dalam mengimplementasikan nilai Aswaja.
Faktor pendukung Implementasi Nilai-nilai ASWAJA adalah: Basik orang tua siswa mayoritas warga Nahdliyin, Lingkungan MI Matholi’ul Huda Keling yang letaknya berada di sekitar Masjid dan Lembaga Pendidikan Diniyyah, TPQ,dan Maqom salah satu muassis Madrasah, Program furudhul Ainiyyah..
Faktor penghambat Implementasi Nilai-nilai ASWAJA dalam pembelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Desa Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara; Pergaulan di luar sekolah, Karakter anak terbentuk dari 3 pengaruh lingkugan yaitu: lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat, Problem selanjutnya adalah kurangnya komunikasi antara peserta didik dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fathur Rohman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai-Nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah (Aswaja) Dalam Pembelajaran Agama Islam.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:50
Last Modified: 09 Mar 2023 03:50
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item