UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK DISABILITAS OLEH KOMUNITAS SAHABAT DIFA JEPARA

AISHAH NUR AMINI, 181310003968 (2023) UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK DISABILITAS OLEH KOMUNITAS SAHABAT DIFA JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181310003968 _COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181310003968 _BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
181310003968 _BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181310003968 _BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
181310003968 _BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181310003968 _BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181310003968 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (853kB) | Preview
[img] Text
181310003968 _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui Bagaiamana Upaya pengembangan pendidikan akhlak pada anak-anak penyandang disabilitas oleh komunitas difa di Jepara. (1) Untuk menganalis pengembangan pendidikan akhlak pada anak-anak penyandang disabilitas oleh komunitas difa di Jepara. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana faktor penghambat dalam pengembangan pendidikan akhlak pada anak-anak penyandang disabilitas oleh komunitas Difa di Jepara. (3) untuk menganalisis pengembangan pendidikan akhlak pada anak-anak penyandang disabilitas oleh komunitas difa di Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis dari penelitian field research (studi lapangan) yang berbentuk kualitatif dan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun subyek dari penelitian ini yaitu peneliti sendiri, sedangkan obyek dari penelitian ini adalah komunitas sahabat difa Jepara, anak-anak penyandang disabilitas di sahabat difa Jepara.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan yaitu menunjukkan bahwa: (1) Upaya pengembangan potensi anak penyandang disabilitas yang dilakukan komunitas sahabat difa Jepara adalah dengan menyekolahkan anak di sekolahan khusus misalnya adalah sekolah inklusif seperti SLB (sekolah luar biasa), melakukan pelatihan disesuaikan dengan minat dan bakat anak penyandang disabilitas agar potensi tersebut dapat tersalurkan dengan baik dan dikembangkan secara terus menerus. disesuaikan dengan bakat dan minat, kemampuan, serta jenis-jenis disabilitas yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. Yang berperan penting dalam upaya pengembangan potensi anak disabilitas adalah orangtua selanjutnya keluarga dan lingkungannya. Peran orangtua dalam mengembangkan potensi anak tersebut adalah sebagai motivator,fasilitator,dan mediator dimana keterlibatan orangtua disini memiliki peranan penting dalam mendukung anak, termasuk kemmapuan khususnya dan memberi motivasi serta membuat nyaman. Anak yang kreatif muncul dari dukungan orang tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Alex Yusron Al-Mufti, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Upaya Pengembangan, Pendidikan anak, Disabilitas, Komunitas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:09
Last Modified: 09 Mar 2023 03:09
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item