UPAYA MENINGATKAN TAHSIN AL-QUR’AN MELALUI PROGAM MAKHROTAN DI PONDOK TAHFIDH YANBU’UL QUR’AN PUTRA KUDUS

ABDUL GHOFUR, 181310004067 (2023) UPAYA MENINGATKAN TAHSIN AL-QUR’AN MELALUI PROGAM MAKHROTAN DI PONDOK TAHFIDH YANBU’UL QUR’AN PUTRA KUDUS. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181310004067_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181310004067_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
181310004067_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
181310004067_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
181310004067_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
181310004067_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181310004067_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181310004067_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan tahsin al-Qur’an melalui program makhrotan di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Putra Kudus. (2) Untuk menganalisis hasil program makhrotan di Pondok Tahfdh Yanbu’ul Qur’an Putra Kudus. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam program makhrotan di Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an Putra Kudus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahsin al-Qur’an dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis hasil program Makhrotan dengan menggunkan teknik wawancara dan angket, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam program Makhrotan dengan menggunakan teknik wawancara. Data yang terkumpul di analisis dengan teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program Makhrotan meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan dirancang berdasarkan perencanaan yang matang. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan sejumlah orang (Pengasuh pondok, guru, musyrif Pondok, dan pengurus) dalam menyusun program pondok. Perencanaan tersebut meliputi tarjet yang harus dicapai oleh santri dalam satu tahun. Dalam tahap pelaksanaan program makhrotan dilaksanakan pada jam 08.00-11.00 Pagi dan pada jam 20.00-22.00 malam. Pada tahapan pembelajaran sesuai dengan tahapan pembelajaran pada umumnya yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada tahap Evaluasi pembelajaran dilaksanakan setiap satu bulan sekali, evaluasi setiap 3 bulan sekali, dan evaluasi diakhir semester nisfus sanah dan akhirus sanah. 2) Hasil yang dicapai dalam pembelajaran tahsin melalui Program Makhrotan yaitu: berdasarkan analisis yang telah dilakukan berada pada katagori baik, dimana dari 33 santri terdapat 7 santri berada pada katagori sedang dengan persentase 21%, terdapat 21 santri berada pada katagori baik dengan persentase 64%, dan terdapat 5 santri dengan katagori sangat baik dengan persentase 15%. 3) Faktor Pendukung program makhrotan yaitu Guru yang perhatian dan selalu membimbing santrinya, Sarana dan prasarana yang memadahi, waktu mengajar yang cukup, situasi dan kondisi yang nyaman. Adapun faktor penghambatnya yaitu: Kemampuan santri yang berbeda-beda, suara santri yang kurang keras saat praktek tahsin, faktor kesehatan santri, kurangnya rasa semangat/males ketika mengikuti makhrotan. mengantuk pada saat mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Azzah Noor Laila, S.Th.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Upaya, pelaksanaan pembelajaran, tahsin al-Qur’an.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:07
Last Modified: 09 Mar 2023 03:07
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item