PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PEMBERANTASAN HOAKS TENTANG COVID-19 MELALUI MEDIA VIDEO CINEMATIC DI KOTA KUDUS JAWA TENGAH

HARIROTUN NAFISAH, 171270000165 (2022) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PEMBERANTASAN HOAKS TENTANG COVID-19 MELALUI MEDIA VIDEO CINEMATIC DI KOTA KUDUS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 171270000165_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
2. 171270000165_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
3. 171270000165_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. 171270000165_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
5. 171270000165_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6. 171270000165_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
7. 171270000165_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
8. 171270000165_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Informasi terkait Covid-19 yang menjadi isu paling populer sejak dilaporkannya pandemi pertama kali di Wuhan China yang selanjutnya melanda negara lain termasuk Indonesia. Kondisi ini menyebabkan masyarakat Indonesia kesulitan untuk mengambil langkah akibat meluapnya informasi bersamaan dengan hoaks. Kota Kudus adalah salah satu daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 tertinggi karena penyebaran hoaks yang berujung keraguan terhadap kebenaran berita yang diterima.
Tujuan dari perancangan kampanye sosial pemberantasan hoaks tentang Covid-19 ini membantu masyarakat dalam mengambil langkah untuk menghadapi informasi mengenai Covid-19 yang muncul di berbagai media. Pendekatan penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model Miles and Hubermen.
Hasil penelitian ini berupa video cinematic dibuat menggunakan analisis sinematografi dengan metode design thinking kemudian ditambahkan media-media pendukung berupa logo, masker, handasnitizer, botol minum, kaos, gantungan kunci, stiker dan poster. Implementasi dan kajian karya dari proses kampanye sosial pemberantasan hoaks tentag Covid-19 menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes yaitu sistem petanda dan penanda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Tristan Alfian, S.Sn., M.Sn Pembimbing II : Drs. Zainul Arifin, MA., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Informasi, Covid-19, Hoaks, Kota Kudus, Video Cinematic.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 659.1 Media Promosi (Iklan)
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 770 Seni Fotografi > 778 Bidang Khusus Seni Fotografi > 778.59 Produksi Video (Audio Visual)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:28
Last Modified: 13 Feb 2023 04:28
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item