DAMPAK KONTEN DIGITAL DALAM “@WIRDA_MANSUR” TERHADAP GAYA BERBUSANA MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNISNU JEPARA

ELY RAHMAWATI, 181510000393 (2022) DAMPAK KONTEN DIGITAL DALAM “@WIRDA_MANSUR” TERHADAP GAYA BERBUSANA MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNISNU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img] Text
181510000393_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
181510000393_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
181510000393_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
181510000393_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181510000393_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
181510000393_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
181510000393_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
181510000393_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul Dampak Konten Digital dalam “@Wirda_Mansur” terhadap Gaya Berbusana Mahasiswa di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, dilatarbelakangi dengan fenomena maraknya berbusana dengan mengikuti perkembangan trend fashion atau gaya berbusana yang ditampilkan oleh media sosial Instagram. Melalui Instagram, dimanfaatkan sekelompok orang untuk mengembangkan kreatifitas dalam meciptakan trend fashion yang diinginkan. Selebgram (Selebriti Instagram) atau content creator @wirda_mansur menjadikan Instagram sebagai sarana mengekplorasi diri dalam menampilkan gaya berbusana Muslimah. Sehingga rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini mengenai apakah konten digital @wirda_mansur mempengaruhi gaya berbusana mahasiswa. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi dengan data premier sebagai data utama yang diperoleh dari postingan foto fashion dalam akun @wirda_mansur, serta potret mahasiswa Fadakom yang mengikuti akun @wirda_mansur. Dan data sekunder berupa data dokumentasi yang berasal dari literatur buku maupun jurnal yang relevan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisis data Miles and Hubarman melalui empat tahap : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi / kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya berbusana Wirda dan mahasiswa ada kemiripan, baik model, jenis dan beberapa eleman busana lainnya. Sehingga dari konten yang di akun @wirda_mansur memiliki peran sebagai pemberi informasi seputar fashion Muslimah terbaru. Selain itu, adanya faktor yang mempengaruhi dampak konten digital @wirda_mansur terhadap gaya berbusana mahasiswa Fadakom, yakni faktor lingkungan, faktor teknologi, faktor media social

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Nashrul Haqqi, S.Th.I., M.Hum. Pembimbing II : Murniati, S.Sos.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Trend Fashion, Instagram, Etika Busana
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 170 Etika, Filsafat Moral
100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 177 Etika Dalam Hubungan Sosial Pergaulan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:21
Last Modified: 08 Feb 2023 04:21
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item