PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULES DATA MINING PADA PENJUALAN VOUCHER INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DI VESPA CELL

ERLINARIS, 171240000699 (2022) PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULES DATA MINING PADA PENJUALAN VOUCHER INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DI VESPA CELL. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
1. 171240000699_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 171240000699_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
3. 171240000699_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. 171240000699_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
5. 171240000699_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. 171240000699_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
7. 171240000699_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Perkembangan digital di Indonesia pada saat ini berkembang sangat pesat, sehingga mengakibatkan adanya tuntutan menggunakan internet. Vespa Cell adalah salah satu toko konter yang menjual pulsa, voucher internet dan lain-lain. Dalam perjalanan bisnisnya, Vespa Cell juga mengalami ketidakpastian penjualan dimana suatu ketika penjualan cukup banyak dan dilain waktu bisa lebih sedikit. Ketidakpastian penjualan ini, khususnya penjualan voucher paket data menyebabkan dampak berupa kerugian pada Konter Vespa cell karena jenis produk ini memiliki masa aktif alias expired. Solusi dari masalah ini dengan Teknik Data Mining menggunakan Association rules dengan algoritma Apriori, dengan tujuan untuk mencari kombinasi tiap item dengan pola frequent, setelah itu bisa mengetahui nilai support dan confidence. Untuk hasil yang diperoleh yang dilakukan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan RapidMiner dengan metode Apriori menggunakan Association Rules terhadap Data Penjualan Voucher Internet di Vespa Cell pada tahun 2019 sampai dengan 2021 diperoleh hasil bahwa terdapat 34 aturan asosiasi. Dengan ketentuan nilai minimum support adalah 20% dan nilai minimum confidence adalah 50%. Hasil Aturan asosiasi tertinggi yaitu menunjukkan bahwa” Jika outlet menjual Voucher internet Tri maka outlet akan menjual voucher internet Telkomsel dengan nilai support 0,726 dan nilai confidence 0,875 serta nilai perkalian support dan confidence adalah 0,6264 atau sama dengan 63%”. Sedangkan, hasil aturan asosiasi terendah yaitu menunjukkan bahwa “Jika outlet menjual voucher internet XL dan axis, maka outlet akan menjual voucher internet Smartfren” dengan nilai support 0,289 dan nilai confidence 0,609 serta nilai perkalian support dan confidence adalah 0,1685 atau sama dengan 16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Adi Sucipto, M.Kom. Pembimbing II : Gentur Wahyu Nyipto Wibowo, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Association Rule, Apriori, Penjualan Voucher Internet.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.4 Riset, Metode Statistik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:46
Last Modified: 02 Feb 2023 02:46
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item