WULAN PEGIANA, 171320000341 (2022) DEVELOPING ORIGAMI BOOK TO IMPROVE STUDENT'S VOCABULARY MASTERY (A Research and Development Study of Seventh-Grade Students' at SMP N 1 Tahunan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
171320000341_COVER.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text
171320000341_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
171320000341_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
Text
171320000341_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
171320000341_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
171320000341_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
||
|
Text
171320000341_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (455kB) | Preview |
|
Text
171320000341_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas buku origami sebagai media untuk meningkatkan kosakata siswa di kelas 7 di SMPN 1 TAHUNAN JEPARA. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan yang digunakan untuk menjelaskan kebutuhan pembelajaran, pengembangan, dan efektivitas media terhadap kosakata bahasa Inggris. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Tahunan Jepara yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan one-group pretest-posttest design. Tidak ada kelompok kontrol. Peneliti memberikan pre-test kepada siswa, kemudian peneliti memberikan perlakuan siswa dengan media Buku Origami. Setelah perlakuan diberikan, peneliti memberikan post-test kepada siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: 1) Pengembangan produk dilakukan melalui model desain yang diajukan oleh Borg and Gall dengan prosedur sebagai berikut: analisis kebutuhan, perencanaan, perancangan bentuk awal produk, uji lapangan pendahuluan, produk utama revisi, uji coba lapangan utama, dan revisi. 2) Keefektifan produk menunjukkan bahwa hasil pre-test 51,5625 lebih rendah dari hasil post-test yang diperoleh siswa dengan skor 73,4375. Hasil hitung uji-t indikator pada uji-t siswa secara isi dan koherensi lebih besar dari t-tabel nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka HO ditolak. Artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah pembelajaran. Buku Origami ini valid untuk diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Ini juga dapat digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar kosa kata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muh. Shofiyuddin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Buku Origami, Media, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kosakata. |
Subjects: | 400 Bahasa > 401.4 Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:01 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4317 |
Actions (login required)
View Item |