PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI PELAJARAN JARING-JARING KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 1 DUDAKAWU JEPARA

AHMAD SYA’RONI, 171330000178 (2022) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI PELAJARAN JARING-JARING KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 1 DUDAKAWU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000178_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000178_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171330000178_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
171330000178_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171330000178_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000178_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
171330000178_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000178_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru belum menggunakan metode, maupun model pembelajaran yang inovatif dan realistik, khususnya pendekatan Open Ended, serta siswa kurang antusias pada pembelajaran Matematika karena mereka hanya sebagai objek pembelajaran yang pasif dan hanya mengerjakan tugas yang diberi oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh materi pelajaran jaring-jaring kubus dan balok terhadap hasil belajar Matematika dengan menggunakan penerapan pendekatan open-ended pada siswa kelas V di SDN 1 Dudakawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen (penelitian eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 1 Dudakawu Jepara dengan siswa kelas V sejumlah 15 sebagai populasinya. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variaelle dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik, sedangkan variabel independennya adalah metode Open Ended. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrument yang digunakan yaiti soal pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan menggunakan model Open Ended untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi kubus dan jarring-jaring balok di SDN 1 Dudakawu, dapat dilihat dari hasil uji-t sampel Paired, sebesar 4.826, berdasarkan hasil, sig 4.826 > 2,042 (tingkat signifikansi 5%), itu berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) adalah diterima dan hipotesis null (H0) ditolak. Jadi, dijelaskan bahwa penggunaan model pembelajaran Open Ended efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Dudakawu. Kesimpulannya, mengajar Matematika dengan model pembelajaran Open Ended di kelas V efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Open Ended, Matematika, Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:50
Last Modified: 05 Jan 2023 03:50
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item