PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POWTOON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 MENGANTI

HIMMATUL ALIYAH, 171330000086 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POWTOON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 MENGANTI. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000086_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000086_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000086_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
171330000086_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000086_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
171330000086_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img]
Preview
Text
171330000086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000086_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Menganti. Berdasarkan hasil pra penelitian melalui wawancara dengan guru kelas V, diketahui bahwa hasil belajar IPA kurang maksimal yang disebabkan karena keterbatasan media. Sehingga, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Menganti, dalam mempelajari materi ekosistem. Tujuan penelitian yaitu untuk analisis kebutuhan guru dan siswa, mengetahui pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media berbasis powtoon pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Menganti.
Jenis Penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desainI, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket kebutuhan siswa dan guru, angket validator, angket respon siswa, serta pretest dan post test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi ekosistem dinyatakan layak oleh ahli media 85% dengan kriteria sangat layak, ahli materi 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ttest (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon. Kesimpulannya media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi ekosistem yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 03 Menganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aplikasi Powtoon.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:03
Last Modified: 05 Jan 2023 08:03
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item