PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN JINGGOTAN KEMBANG JEPARA

DEWI NUR AFIFAH, 171330000132 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN JINGGOTAN KEMBANG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000132_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000132_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000132_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
171330000132_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171330000132_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
171330000132_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text
171330000132_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000132_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air belum mencapai hasil yang optimal. Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru masih berdominan ceramah dan media yang digunakan masih berupa gambar sederhana.Fokus penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan prosedur pengembangan media diorama, mengetahui tingkat kelayakan media diorama dan mengukur efektivitas penerapan media diorama pada hasil belajar IPA materi siklus air di kelas V SDN Jinggotan Jepara.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg&Gall. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Jinggotan dengan subjek yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes.Teknik analisis data menggunakan uji t-test.
Penelitian ini menunjukkan bahwa media diorama layak digunakan dengan presentase validasi ahli media 89,6% dan ahli materi 87,2%. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA materi siklus air sebelum dan sesudah menggunakan media diorama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Hasil Belajar IPA, Siklus Air.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:55
Last Modified: 26 Jan 2023 02:55
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item