HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI SDN 1 MENGANTI TAHUN AJARAN 2021/2022

YULY SAKINATUL KAROMAH, 171330000113 (2022) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI SDN 1 MENGANTI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000113_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000113_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000113_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
171330000113_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000113_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000113_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img]
Preview
Text
171330000113_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000113_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua, untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa, untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV di SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Menganti yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi.
Berdasarkan uji hipotesis penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pola asuh orang tua pada umumnya yang diterapkan oleh orang tua siswa kelas IV di SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022 adalah pola asuh permisif hal ini disebabkan nilai dari dimensi Responsiveness lebih besar dibandingkan Demandigness. 2) Siswa kelas IV di SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022 memiliki kecerdasan emosi tinggi berjumlah 7 siswa atau sebesar 18,91%, siswa yang memiliki kecerdasan emosi sedang berjumlah 24 siswa atau sebesar 64,86%, siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah berjumlah 6 siswa atau sebesar 16,21%. 3) Hasil pada Coefficients bahwa nilai thitung = 0,887 sedangkan ttabel = 0,681. Sehingga, thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada kolom B constanta (a) adalah 38,852, sedangkan nilai pola asuh orang tua sebesar 0,149 yang memiliki nilai positif diantara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas IV SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis diperoleh thitung = 0,887 yang lebih kecil ttabel, maka ada hubungan pola asuh terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosional.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:41
Last Modified: 24 Jan 2023 02:41
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item