EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SDN 3 PECANGAAN WETAN JEPARA

SAIDATUL IRFANA, 171330000168 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SDN 3 PECANGAAN WETAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000168_ COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000168_ BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
171330000168_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
171330000168_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000168_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
171330000168_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img]
Preview
Text
171330000168_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000168_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan yakni, kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan). Hal tersebut menyebabkan menurunnya minat dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring. Rendahnya hasil belajar dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata nilai siswa sebanyak 36, terdapat 17 atau 47% siswa yang nilainya mencapai KKM dan 19 atau 53% siswa yang nilainya tidak mencapai KKM, dengan nilai KKM yang ditetapkan yakni 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 4 di SDN 3 Pecangaan Wetan Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah intact-group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 3 Pecangaan Wetan Jepara kelas 4 yang berjumlah 36 siswa. Adapun sampel pada kelas kontrol yakni setengah dari siswa kelas 4 dengan jumlah 18 siswa, dan sampel pada kelas eksperimen yakni setengah dari siswa kelas 4 dengan jumlah 18 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan tes. Angket berupa skala sikap siswa selama penelitian yang diukur menggunakan skala Likerr untuk mengetahui minat belajar siswa. Tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal dengan 4 opsi jawaban yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 3 Pecangaan wetan Jepara. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t yang di peroleh thitung>ttabel, yakni 15,878 > 1,688 sehingga model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 SDN 3 Pecangaan Wetan Jepara. Hasil uji t terhadap variabel kedua menunjukkan bahwa thitung>ttabel, 6,964 > 1,688 sehingga model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 3 Pecangaan Wetan Jepara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 3 Pecangaan Wetan Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:36
Last Modified: 28 Dec 2022 03:36
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item