PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CAMTASIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 TROSO PECANGAAN JEPARA

FELINNA KHARISSATUN, 171330000021 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CAMTASIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 TROSO PECANGAAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171330000021_ COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ BAB V.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171330000021_ LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥70. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Alokasi waktu yang kurang sehingga guru kesulitan mentrasfer pengetahuan kepada peserta didik dan peserta didik masih kesulitan menghitung perkalian dan rumus menghitung volume balok dan kubus. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan bantuan media pembelajaran camtasia. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis camtasia terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V SDN 2 Trosos Pecangaan Jepara tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe Pre-experimental design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Troso Pecangaan Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 24 lai-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik, sedangkan variabel independennya adalah media video berbasis camtasia. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar peserta didik pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 56,74 sedangkan, saat posttest (menggunakan media video) hasil nilai rerata yang diperoleh peserta didik sebesar 77,79. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sebesar 21,05. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video berbasis camtasia terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V SDN 2 Troso Pecangaan Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Video Camtasia, Matematika, Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:07
Last Modified: 14 Jun 2022 02:07
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4230

Actions (login required)

View Item View Item