PENGARUH PROMOSI, BAGI HASIL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG (Studi Kasus di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Manunggal Sejahtera Abadi Jepara)

FAUZIYAH SITI NUR LATHIFAH, 131110000698 (2015) PENGARUH PROMOSI, BAGI HASIL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG (Studi Kasus di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Manunggal Sejahtera Abadi Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131110000698_COVER.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text
131110000698_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
131110000698_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
131110000698_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
131110000698_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
131110000698_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
131110000698_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstract

Hampir di setiap kegiatan baik organisasi atau non organisasi akan berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan entah itu meminjam atau menyimpan dana. Yang mana hal itu tidak terlepas dari peran jasa lembaga keuangan. Salah satu jenis lembaga keuangan yaitu koperasi. Koperasi yang menerapkan sistem syariah saat ini lebih dikenal dengan BMT (Baitul Maal Wattamwil) yang penerapannya menggunakan sistem bagi hasil. Dan dalam penelitian ini promosi, bagi hasil dan kualitas pelayanan merupakan hal yang mempengaruhi minat seseorang untuk bergabung menjadi anggota koperasi baik untuk menyimpan maupun meminjam dana. Populasi penelitian adalah seluruh anggota yang menabung di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Manunggal Sejahtera Abadi Jepara. Jumlah sampel yaitu 94 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling menggunakan insidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Data penelitian ini diolah dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para anggota yang menabung di KJKS Manunggal Sejahtera Abadi. Dan setelah data terkumpul, data di uji menggunakan alat analisis Analisis Regresi Berganda dan Pengujian Hipotesis yang terdiri dari Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari nilai analisis regresi diperoleh persamaan Y = 5,319 + 0,210 X1 + 0,170 X2 + 0,202 X3 mengandung arti bahwa variabel Promosi, Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap Minat Menabung. Dari hasil uji t, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan pada variabel Promosi, Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan terhadap variabel Minat Menabung sedangkan pada uji f, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Promosi, Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Minat Menabung. Kemudian berdasarkan perhitungan SPSS versi 20 tabel model Summary memperoleh nilai Adjusted R square (R2) sebesar 0,720 atau 72 %. Hal ini mempunyai arti bahwa 72 % variabel Minat Menabung dapat dijelaskan oleh variabel Promosi, Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan. Sedangkan sisanya 28 % dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Moch. Imron, SE., MM.
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Promosi, Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan, Minat.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 334 Koperasi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:03
Last Modified: 18 Jan 2023 07:03
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item