STUDI DESKRIPTIF PEMANFAATAN MEDIA PROYEKSI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI KELAS VIII MTS HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FITRIA WULANDARI, 131310001196 (2016) STUDI DESKRIPTIF PEMANFAATAN MEDIA PROYEKSI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI KELAS VIII MTS HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310001196_COVER.pdf - Published Version

Download (967kB) | Preview
[img] Text
131310001196_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
131310001196_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
131310001196_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
131310001196_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
131310001196_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
131310001196_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pemanfaatan media proyeksi pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara 2. Faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan media proyeksi pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada.
Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru aqidah akhlak, siswa kelas VIIIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif.
Pemanfaatan media proyeksi dapat meningkatkan perhatian belajar aqidah akhlak siswa di kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Hal tersebut dapat diketahui dari guru aqidah akhlak bahwa ada perbedaan ketika pembelajaran menggunakan media proyektor dan tidak menggunakan media proyektor. Ketika tidak menggunakan media proyektor, ketika penyapaian materi pembelajaran sebagian siswa berbicara sendiri dan kurang memperhatikan materi pembelajaran. Dan ketika menggunakan media proyektor siswa tenang dalam memperhatikan materi pelajaran dan penuh dengan konsentrasi. Selain data wawancara dengan guru, peneliti juga dapat mengetahui melalui beberapa siswa yaitu 8 siswa menyatakan bahwa dengan menggunakan media proyektor ada perubahan suasana di kelas. Ketika menggunakan media proyektor, pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan baik, para siswa mengamati dengan seksama terhadap materi pembelajaran sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media proyeksi dapat meningkatkan perhatian belajar aqidah akhlak siswa di kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara.
Faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan media proyeksi dalam meningkatkan perhatian belajar aqidah akhlak siswa di kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara yaitu faktor pendukung meliputi: kemampuan atau kompetensi guru, siswa, dan alat atau media proyeksi. Sedangkan faktor penghambat meliputi: siswa, alat-alat proyektor atau media proyektor, penguasaan terhadap alat-alat proyektor, persiapan materi pembelajaran, dan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Proyeksi, Perhatian Belajar Aqidah Akhlak.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:36
Last Modified: 16 Jan 2023 03:36
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item