STUDI ANALISIS TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT M MAHBUBI DALAM BUKU PENDIDIKAN KARAKTER IMPLEMENTASI ASWAJA SEBAGAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

TAHLIYATUL HUDA, 131310000865 (2017) STUDI ANALISIS TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT M MAHBUBI DALAM BUKU PENDIDIKAN KARAKTER IMPLEMENTASI ASWAJA SEBAGAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310000865_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131310000865_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
131310000865_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
131310000865_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
131310000865_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
131310000865_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
131310000865_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pendidikan karakter menurut M. Mahbubi dalam buku “Pendidikan Karakter Implementasi ASWAJA sebagai Nilai Pendidikan Karakter” (2) Untuk mengetahui cara menerapkan Pendidikan Karakter menurut M. Mahbubi dalam pendidikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu, menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dasar dan konsep-konsep yang telah ditemukan oleh para ahli terdahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat dinikmati. Untuk menganalisis, penulis menggunakan metode Content Analysis, atau analisis isi yaitu teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha untuk menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara objektif dan sistematis.
Dari hasil analisis penulis, terdapat pendidikan karakter dalam buku “Pendidikan Karakter Implementasi ASWAJA sebagai Nilai pendidikan Karakter” yaitu upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu murid memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Allah dan sesama manusia yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, kultur serta adat istiadat.
Dan cara menerapkan pendidikan karakter menurut M. Mahbubi dalam pendidikan karakter adalah dengan melibatkan berbagai komponen berupa isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan warga sekolah, pengelolahan aktivitas murid, perberdayaan sarana dan prasarana.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan masukan bagi para orang tua maupun tenaga pengajar, para ahli, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Karakter, M. Mahbubi, Implementasi Aswaja, Nilai Pendidikan Karakter.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:28
Last Modified: 12 Jan 2023 02:28
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item